Misteri dari sebuah tagihan medis, dampak dan cara mengatasinya_aw

Diteruskan oleh Astuti Wijipitayaningsih

Menunggu di meja kasir Rumah Sakit kenapa selalu harap-harap cemas? Ini adalah misteri dari sebuah tagihan medis.

Pernahkan kita membayangkan, pada saat seorang ibu sedang menunggu seseorang yang dicintai sedang dirawat di rumah sakit dan suatu ketika, suster datang dan mengatakan “Maaf Ibu, di tunggu kasir di lantai bawah ya!”

Menurut anda, bagaimana perasaaan si ibu pada saat itu?

  • -Deg2an sambil keringetan
  • -Bingung dan terdiam
  • -Santai saja

Apa yang membedakan dari ketiga perasaan tadi, apa alasannya?

Bingung, terdiam dan deg2an dapat terjadi karena mungkin kurang persiapan dalam ketersediaan dana taktis untuk biaya rawat inap. Mahalnya biaya berobat dapat membuat kantong jadi kering, bahkan tidak hanya kantong, aset juga dapat tergerus dengan cepat. Ketakutan seorang pada saat di vonis sakit adalah bukan karena sakitnya melainkan biaya pengobatannya.

Fakta-fakta tentang penyakit pada saat ini.

Ternyata aset yang paling berharga saat ini adalah KESEHATAN oleh sebab itu harus di jaga.

Dampak apa saja yang terjadi bila kurang persiapan?

  • Dampak langsung terhadap keluarga tercinta. Orang-orang yang bergantung secara keuangan pada kita akan menerima dampak langsung, tidak hanya tagihan medis yang harus dibayar, tapi biaya kehidupan, biaya sekolah, bayar cicilan tetap harus di bayar.
  • Dampak berkurangnya kekayaan keluarga bahkan menimbulkan sebuah hutang, kita berusaha keras mengumpulkan harta bertahun-tahun untuk keluarga, namun kandas di tengah jalan akibat resiko sakit dan membayar sendiri tagihan medis. Banyak orang membayar tagihan medis dengan kartu kredit sehingga berdampak kepada hutang yang berkelanjutan.
  • Dampak terhadap kematian, akibat kurangnya persiapan dan sulit membayar tagihan medis dan akhirnya tidak mendapat perawatan yang baik sehingga penyakit atau luka dapat menjadi lebih parah, dan mengakibatkan meninggal dini.

Bagaimana cara mengatasinya?

Perlunya sebuah strategi dalam perencanaan keuangan yaitu Manajemen Risiko yang salah satunya adalah Asuransi Kesehatan.

Namun beberapa masyarakat masih kesulitan menentukan jenis asuransi yang akan dimiliki sebagai portfolio perlindungan keluarga. Berikut cara memilih asuransi kesehatan sebagai pertimbangan.

  1. Pilih asuransi kesehatan yang sangat simpel, jangan terlalu ribet dengan hal-hal lain sehingga kita dapat fokus terhadap manfaat yang di ambil. Asuransi tradisional dapat menjadi pilihan.
  2. Pilih asuransi dengan harga terjangkau, dengan premi yang lebih murah, maka sisa arus kas anda dapat di letakan di pos lain seperti investasi.
  3. Pilih asuransi kesehatan dengan manfaat Sesuai Tagihan, manfaat 1 bed 1 room atau 2 bed 1 room yang dapat menjangkau seluruh dunia, Kenaikan biaya yang tidak kita prediksi ke depannya akibat inflasi dapat di atasi dengan produk asuransi kesehatan jenis ini.
  4. Pilih asuransi kesehatan dari Perusahaan Asuransi yang sangat kuat, terbaik dalam pelayanan, hal ini sangat penting agar kita dapat nyaman dalam kehidupan atau pada saat di rumah sakit.
  5. Pilih konsultan keuangan yang mengerti dan mengutamakan kebutuhan anda.

Apa saja manfaat dari memiliki Asuransi Kesehatan untuk menguatkan pondasi perencana keuangan kita?

  1. Memberikan rasa tenang
  2. Mengatur pengeluaran dengan baik
  3. Mendapatkan pelayanan yang layak pada saat di rumah sakit
  4. Tidak merepotkan orang-orang terdekat atau orang lain
  5. Terhindar dari meninggal dini.

Berikut informasi yang dapat @ifac_id berikan untuk anda, Bagaimana dengan anda saat ini? mari berkontribusi dalam menjawab pertanyaan yang kami berikan agar tercapai kehidupan yang sejahtera.